Berlian batu yang berkilau

Rabu, 18 Agustus 2010


Berlian memang sangat agung dan menyimpan banyak cerita menarik dibalik kilaunya. “Diamonds are a girls best friend,” demikianlah ungkapan yang sering dilontarkan orang terhadap batu permata ini. Berlian terbentuk dari karbon murni di dalam perut bumi, berlian merupakan substansi natural paling padat yang pernah diketahui oleh manusia.

84-carat-diamond

Bahkan kata berlian sendiri berasal dari kata yunani ‘adamas’ yang berarti tak kasat mata dan indestructible. Karena keras, berlian sangat berharga. Berlian juga sering diasosiasikan sebagai keberuntungan dan dulu dipercaya sebagai benda yang memiliki kekuatan mistis karena kemampuannya membiaskan cahaya.

Berlian sebagai perhiasan mulai dikenal sejak abad pertengahan di eropa saat persediaannya meningkat, ditambah dengan teknik pemotongan dan polesan secara khusus. Saaat ini, pertambangan batu berlian, terutama di afrika , menghasilkan sekitar 26000 kilogram berlian setiap tahunnya. Selain itu, Australia, india dan rusia juga merupakan Negara penghasil besar batu berlian.

Berlian sangat special karena beragam alasan. Mulai dari perayaan-perayaan tertentu seperti tunangan, pernikahan, dan anniversary. Bagi banyak orang berlian dihargai layaknya pusaka atau bentuk investasi. Cincin petunangan berlian pertama diduga saat Archduke of Austria menikahi Mary Burgundy pada abad 15. Namun cincin pertunangan berlian dipopulerkan secara komersial pertama oleh perusahaan De Beers di awal abad 20 lewat deretan kampanye iklan .

Selain kilau menawan yang terpancar, berlian juga melambangkan citra classy, elegan dan murni. Ia juga terdapat dalam berbagai perhiasan, mulai dari cincin, anting-anting, kalung dan gelang. Bahkan juga bisa ditemukan dalam aksesoris lain seperti arloji, sampai telepon seluler yang memberikan pernyataan fashion sophisticated nan mewah.

Memilih berlian yang tepat tidak sesulit yang anda bayangkan. Dan saat anda sudah menemukannya, sangatlah mudah untuk merawat dan menyimpannya.

Ada beberapa cara untuk merawat dan menyimpan berlian antara lain :
- Kenakan berlian anda sebagai barang terakhir sebelum pergi dan barang pertama yang anda lepas saat tiba dirumah.
- Simpan dalam tempat tersendiri. Setiap berlian yang anda miliki harus disimpan dalam kotak sendiri untuk mencegah lecet. Kesalahan besar yang sering dilakukan wanita adalah menyimpan semua perhiasaan berlian mereka dalam satu kotak
- Hindari menggunakan berlian saat melakukan pekerjaan rumah tangga
- Lakukan pemeriksaan rutin ke ahlinya untuk mengecek bentuk berlian anda.
- Anda dapat membersihkan berlian anda dengan menggunakan cairan khusus dan kain lembut. Tapi akan lebih baik bila pengerjaan ini dilakukan oleh tangan ahli. Bersihkan setiap enam bulan sekali.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate