Kebaya

Rabu, 20 Oktober 2010


Kebaya identik dengan busana tradisional Indonesia. Konon, pakaian wanita dengan bukaan di bagian depan ini dikenakan oleh wanita Indonesia sejak abad 15 masehi. Seiring perkembangannya kebaya juga dikenakan oleh perempuan Belanda pada abad 19 masehi dimana mereka membutuhkan pakaian yang cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Selain itu kebaya juga pernah populer di kalangan perempuan peranakan Tionghoa, sehingga muncullah kebaya encim.

Dalam sejarah perjalanannya, kebaya pun mengalami pasang surut. Misalnya pada masa pedudukan jepang, dimana kreativitas dan produktivitas bangsa ditekan. Jalur perdagangan tekstil dan perlengkapannya diputus sehingga berakibat banyak rumah produksi yang gulung tikar.

Namun kebaya juga pernah mengalami masa-masa gemilang yakni pada abad 19 masehi dan awal abad 20 masehi. Pada masa itu kebaya juga dikenakan oleh pendatang dari Eropa dan Tionghoa tentunya dengan beberapa penyesuaian.

Kini kebaya kembali mendapatkan tempat di hati anak bangsa. Terbukti kini semakin banyak kreasi kebaya karya anak bangsa yang tidak kalah dengan gaun rancangan desainer mancanegara. Kebaya masa kini bisa menampilkan kesan anggun, elegan, glamour, dan juga seksi. Desain kebaya sekarang juga fleksibel, bisa disesuaikan dengan acara yang sedang berlangsung apakah itu acara resmi atau bahkan santai sekalipun. Modelnyapun kini beragam, bahkan bisa dimodifikasi dengan rancangan busana modern yang ada.

(sumber: http:// lifestyle.okezone.com)


Keren Banget Design'nya....

Motif kainnya klasik tp dipadupadankan dengan model kebaya modern jadi terlihat Unique..

Koleksi Anne Avantie juga untuk prewed'nya Titi Kamal

a bit sexy but look so elegant!

Bucket Bungannya Keren...

Yang satu ini bukan koleksi Anne tp lupa koleksi siapa :p

Yang pasti aga heboh kalau model yang ini untuk akad Nikah ^.^

Simple tp menarik...

Koleksi Anne Avantie

Yang ini lebih pantas kebaya untuk menghadiri acara pernikahan..

Koleksi Anne Avantie

Anne Avantie

Kebaya Itang Yunaz kl ga Salah :p

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate