Kamar Tidur: Manfaat Cahaya di Pagi dan Malam Hari

Rabu, 20 Oktober 2010

oleh: Anissa Q. Aini

Kamar Tidur: Manfaat Cahaya di Pagi dan Malam Hari

Pagi atau malam hari, cahaya tetap jadi faktor penting di kamar tidur. Itu sebabnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, supaya pencahayaan kamar tidur membuat istirahat kita maksimal. Apa saja, ya?

kamar-tidur(1)

Semua orang tahu betapa menyehatkannya cahaya matahari pagi. Mengapa tidak kita manfaatkan? Caranya, apabila memungkinkan, tidurlah di kamar tidur yang menghadap timur. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan akses penuh atas cahaya matahari pagi. Sinar matahari pagi yang masuk melalui celah-celah jendela ternyata efektif, lho , membuat penghuni kamar termotivasi untuk bangun pagi.

Nah, kalau kamar tidur sudah diposisikan menghadap timur, jangan lupa tempatkan bukaan lebar, supaya semakin banyak sinar matahari yang masuk. Menjelang siang, sinar matahari memang semakin panas, tapi masalah ini mudah diatasi. Aplikasikan saja tirai tipis seperti kain vitrage atau katun, yang bisa menyaring sinar matahari yang masuk. Selain itu, pun membuat jendela jadi lebih cantik.

Sudah bicara tentang cahaya di pagi hari, sekarang kita beranjak ke malam hari. Pencahayaan buatan di kamar tidur juga perlu perhatian esktra, jangan asal terang akhirnya malah membuat tidur tidak nyaman. Cahaya buatan sebaiknya dibuat dengan intensitas lembut, sehingga efeknya membuat mata dan tubuh lebih rileks. Jika memang diperlukan, tempatkan juga lampu baca. Satu lagi yang penting, pastikan pencahayaan di kamar bisa diatur dengan dimmer sehingga Anda bisa mengatur gelap terangnya sesuai kebutuhan dan selera.

Sebagian dari kita memilih menempatkan satu buah lampu bercahaya putih, di langit-langit, untuk menerangi seluruh kamar. Pencahayaan seperti ini, terutama di ruangan bergaya modern minimalis yang cenderung berkesan kaku dan dingin, bisa membuat kamar terasa lebih dingin lagi. Sebagian orang bahkan mengasosiasikan tampilan kamar seperti ini serasa di rumah sakit. Tidak mau, kan? Maka perhatikan dan aturlah pencahayaan kamar agar mendukung kegiatan istirahat berkualitas kita.

Foto:iDEA/Richard Salampessy

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate