Menggunakan Wallcover, Unsur Alam pun Hadir di Dalam Rumah

Sabtu, 03 Juli 2010

oleh: Anissa Q. Aini

Inilah Cara Mudah Menghadirkan Unsur  Alam di dalam Rumah

Menghadirkan suasana alami di dalam rumah, tidak harus menggunakan elemen alam asli. Wallcover bermotif kayu dan batu alam pun bisa memberikan rasa alami. Berikut contohnya.

"Aduh, kalau dinding dilapisi batu alam asli, pasti repot perawatannya. Kalau sudah terlanjur kotor, terpaksa harus diganti, jadi banyak keluar biaya," ujar Diah, pemilik rumah dimana ruang tamu dan ruang duduk di foto ini berada. Sebagai arsitek, Ninuk Endang W, MT, mencarikan solusi untuk masalah ini. Akhirnya pilihan jatuh pada penggunaan wallcover bermotif elemen-elemen alam. Di antaranya, batu alam dan kulit kayu.

"Kita kan cuma ngincer feel alaminya saja. Jadi walaupun bukan batu alam asli, tidak masalah, yang penting apa yang diinginkan terpenuhi, " ujar Ninuk.

Lagipula, tambahnya, penggunaan wallcover sebagai pengganti batu alam atau kayu asli, memiliki banyak keuntungan. Dari segi waktu pengerjaan, jelas lebih singkat. Biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit, kalaupun harus diganti dengan yang baru tidak akan memakan biaya sebanyak kalau kita mengganti batu alam dan kayu. Perawatannya lebih praktis pula. Alasan-alasan inilah yang melatarbelakangi arsitek dari SDA Studio ini memilih wallcover. Alasan-alasan ini pulalah yang membuat solusi ini disambut baik, oleh pemilik rumah.

Pertama, kita tengok ruang duduknya, yuk! Ruang duduk ini terletak di lantai dua. Di sini, suasana alami hadir dari wallcover bermotif batu alam. Untuk memberikan efek dramatis, ditambahkan pendar cahaya kekuningan dari lampu gantung, yang sengaja ditempatkan berdekatan dengan dinding.

Hal yang sama juga diaplikasikan di ruang tamu. Di ruangan berukuran 2m x 3m ini diaplikasikan wallcover bermotif kulit kayu. Permukaannya bertekstur agak kasar, menyerupai kulit kayu sungguhan. Pengaplikasian wallcover ini menerus hingga ke dinding ruang keluarga, yang ada di balik ruang tamu. Tidak seperti pada ruang duduk tadi, di sini pendaran cahaya hadir dari indirect light, di atas dinding ber-wallcover.

Terbukti, kan? Walaupun tidak asli, bukan berarti tidak bisa memberikan suasana alami. Coba, yuk!

Foto: iDEA/ Ricardo de Melo

Lokasi: Rumah keluarga Agus dan Diah, Utan Kayu, Jakarta Timur

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive