Program Okinawa

Senin, 28 Juni 2010





Apakah itu ?
Program ini diilhami dari kebiasaan hidup penduduk kepulauan Okinawa yang merupakan tempat bermukimnya orang-orang berumur panjang dan sehat, jauh dari penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Program Okinawa dibuat berdasarkan riset terhadap pola hidup penduduk Okinawa Selama 25 tahun oleh tiga serangkai Badley J. Willcox, MD, MSc, dari Division on Aging Harvard Medical School, saudara kembarnya D. Craig Willcox Ph.D, gerontolos dan Antropolog Okinawa Cenetarian Study, serta Makato Suzuki MD., PhD., ahli kardiologi geriatri, dari Okinawa International University. Di daiamnya tercakup diet, olah tubuh, cara mengatasi stres serta keberhasilan para penduduk Okinawa mengabungkan cara Timur dan Barat dalam pemeliharaan kesehatan mereka.

Prinsip pola makan Okinawa yang disebut Nuchi Cusui mengacu pada keseimbangan tiga hal : tinggi karbohidrat, rendah kalori dan bersumber pada tumbuh-tumbuhan, Sepintas pola makan ini mirip dengan piramida makanan menurut anjuran pola makan Amerika Serikat (US Daily Allowance). Namun Nuchi Gusui membagi dengan jelas antara makanan yang boleh dimakan setiap hari dengan yang hanya boleh dimakan setiap minggunya. Dengan demikian akan lebih mudah Anda mengetahui apakah Anda sering mengkonsumsi makanan tertentu atau tidak.

Makanan yang termasuk golongan ’harian’ di antaranya adalah nasi, roti, mie, sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung flavonoid dan kalsium, makanan omega 3, minyak sayur, rempah-rempah. Sedangkan yang dimakan mingguan adalah daging, unggas, telur dan makanan manis. Pada intinya, pola makan Okinawa memperbolehkan Anda mengkonsumsi semua jenis makanan, asal tidak berlebihan secara keseluruhan dan jumlahnya harus seimbang.

Yang dijanjikan
Dengan mengikuti program Okinawa, Anda akan dapat hidup lebih sehat seperti penduduk pulau Okinawa. Di perkirakan, kini ada sekitar 400 orang lebih yang berusia di atas 100 tahun hidup di sana. Keseimbangan antara makanan tinggi karbohidrat, rendah kalori dan bersumber dari tumbuhan akan membuat tubuh Anda tetap langsing, awet muda sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Penggunaan minyak kanola yang tinggi kan-dungan lemak tak jenuhnya untuk memasak juga dapat menekan kadar ’kolesteol jahat’ (LDL). Program Okinawa juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas fisik. Yang paling populer adalah tai chi, dimana olahraga tersebut merupakan perpaduan antara kekuatan jiwa dan raga. Dengan demikian Anda tidak hanya akan memperoleh tubuh yang langsing namun juga akan lebih bugar, lebih percaya diri, dan bebas stres.

Kekurangan
- Program ini terasa begitu ideal, namun bagi Anda yang hidup di kota yang segalanya serba cepat, hal ini mungkin akan terasa agak rumit. Dibutuhkan waktu khusus untuk menyiapkan makanan karena begitu banyak jenis makanan yang harus dikonsumsi setiap harinya dengan porsi yang sudah ditetapkan.
- Pemakaian minyak canola kurang umum, harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan minyak kelapa.

Agar berhasil untuk Anda
- Ketelatenan merupakan kunci kesuksesan dalam menjalankan program ini. Jika melakukan seluruh program sekaligus terasa berat untuk Anda, Anda bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya, mulailah dengan mengikuti pola makannya. Jika sudah mahir, Anda bisa lanjutkan dengan program lainnya, seperti aktivitas fisik atau cara mengelola stres.
- Sesuaikan jenis makanan serta aktivitas fisik yang Anda sukai agar program ini terasa lebih ringan. Pada intinya aktivitas fisik dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan jasmani, kepercayaan diri serta menyenangkan hati Anda. Karenanya Jika tak suka tai chi, Anda bisa menggantinya dengan olahraga lain yang Anda gemari.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive