V Hip Rotator: Membentuk Pinggul Lebih Seksi

Senin, 28 Juni 2010





GERAKAN V Hip Rotator adalah salah satu gerakan yang efektif untuk mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah, terutama otot-otot paha dan bokong. Selain itu, latihan ini juga akan membuat Anda bisa melakukan gerakan lain dengan lebih baik, misalnya ketika Anda loncat tali dan lari.

Untuk melakukan gerakan ini, Anda membutuhkan sebuah aerobic band. Penggunaan aerobic band bermanfaat untuk memberi tekanan pada otot paha. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah untuk selalu menempatkan aerobic band di paha bagian bawah, namun Jangan sampai menyentuh lutut. Jika Anda merasakan tekanan pada area lutut, berarti gerakan Anda salah. Karena itu awali gerakan dari panggul, bukan lutut.

Untuk pemula, pilihiah aerobic band yang tingkat elastisitasnya tinggi agar tekanan ringan. Sebaliknya, Jika ingin meningkatkan intensitas latihan, pilihiah aerobic band yang tidak terlalu elastis. Sedangkan untuk gerakan kaki, semakin lebar Anda membuka kedua kaki, semakin berat latihan ini.

1. Duduklah di lantai, lingkarkan aerobic band pada kedua paha tepat di atas lutut.
2. Rebahkan punggung ke be-lakang dengan ditopang kedua siku. Luruskan dan buka kedua kaki selebar bahu. Kontraksikan otot perut dan bokong.
3. Buka kedua kaki lebih lebar hingga sekitar 1 meter. Tahan posisi kedua kaki agar tetap paralel dan lutut tetap menghadap ke atas. Kemudian putar kedua kaki ke arah luar sehingga posisi lutut ikut menghadap ke luar. Putar kaki secara menyeluruh dari panggul hingga ujung kaki, namun tidak melintir. ’Pindahkan’ beban pada kaki ke tumit.
4. Tahan hingga 4 hitungan, kembali ke posisi awal dengan per-lahan. Ulangi 2-3 set, terdiri dari 8-12 hitungan.
5. Secara bertahap tingkatkan intensitas dengan melebarkan posisi kedua kaki.

Kesalahan yang harus dihindari :
- Membusungkan dada.
- Mempertahankan tempurung lutut tetap menghadap ke atas ketika kedua kaki diputar ke arah luar.
- ’Melawan’ daya pantul aerobic band, karena akan mencederai panggul, lutut, dan punggung Anda.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive