Variasi Latihan Baru untuk Perut Lebih Ramping

Senin, 28 Juni 2010





MELAKUKAN gerakan yang berbeda-beda untuk melatih otot yang sama merupakan kunci keberhasilan latihan, termasuk latihan untuk perut. Hal ini bukan hanya menghindarkan otot dari kejenuhan, namun juga menjauhkan Anda dari rasa bosan dan kehilangan motivasi. Jika Anda tergabung sebagai anggota suatu puast kebugaran, optimalkan latihan menggunakan alat-alat yang tersedia, seperti cable cross over machine.

Gerakan high to low coble chop yang dilakukan dengan alat tersebut membantu melatih kekuatan otot perut dan membentuk tubuh bagian tengah (midsection). Selain itu, karena dilakukan dalam posisi berdiri, juga melatih postur tubuh agar selalu tegak.

Tiga manfaat, satu gerakan
Gerakan yang benar :
- Berdiri tegak, alat cable cross over machine berada di sisi kiri Anda. Tangan kiri menggenggam salah satu pegangan alat tersebut, lalu ambil jarak kira-kira 50 cm. Posisi siku kiri tertekuk.
- Buka kedua kaki selebar pinggul. Tangan kanan ikut menggenggam pegangan tersebut hingga siku kanan menjadi lurus, namun tidak dikunci. Jari-jari tangan saling dikaitkan.
- Sambil mengencangkan otot perut, tarik pegangan tersebut diagonal ke arah bawah hingga ’mendarat’ kira-kira di depan paha kanan. Kedua tangan lurus, siku tidak dikunci.
- Perlahan kembalikan ke posisi semula dan ulangi sesuai repetisi yang dianjurkan. Setelah itu, putar badan 180* sehingga alat berada di sisi kanan Anda. Lakukan gerakan yang sama untuk menyelesaikan satu set.

Petunjuk:
- Berlatihlah 2 - 3 kali seminggu sebagai bagian dari program latihan kekuatan yang biasa. Meski demikian, latihan ini boleh dilakukan setiap hari.
- Lakukan latihan sebanyak 2-3 set masing-masing 8-12 repetisi.
- Gunakan beban sekuat kemampuan Anda.
- Istirahat 45 - 60 detik di antara set.
- Ketika Anda merasakan 12 repetisi setiap set sudah ringan, tambahkan berat bebannya.
- Setelah 4-6 minggu, atau saat Anda merasa sudah siap, naikkan tingkat kesulitan latihan. Anda bisa bertanya kepada instruktur mengenai hal ini.

Kesalahan yang harus dihindari:
- Melakukan gerakan dengan tenaga yang berasal dari otot lengan. Ini sama saja tidak melatih otot perut.
- Membiarkan bahu bergerak ke depan saat Anda berlatih. Hal ini hanya akan menambah ketegangan pada leher dan punggung bagian atas.
- Mengubah posisi pinggul sehingga batang tubuh tidak tegak. Punggung bagian bawah Anda akan tertekan sehingga dapat cedera.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive