20 Cara Praktis Tampil Cantik

Selasa, 29 Juni 2010



Walau sekarang banyak metode canggih agar wanita bisa tampil cantik, tapi cara-cara praktis yang singkat masih tetap digemari.
Seiring berkembangnya teknologi kecantikan-yang ditandai dengan hadirnya beragam perangkat dan cara canggih-bukan berarti cara-cara yang praktis dan relatif sederhana langsung ditinggalkan. Berikut adalah beberapa cara singkat agar tampilan Anda prima, bebas dari masalah.

KULIT
1. Gula untuk scrub
Butiran-butiran gula halus dapat digunakan untuk meluruhkan lapisan kulit mati. Campur satu sendok makan gula halus dengan satu sendok makan madu, lalu gunakan campuran ini sebagai scrub pada kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan.

2. Masker pepaya
Pepaya mengandung bahan pelembut serta peluruh kulit yang disebut bromelaine dan papain. Haluskan daging pepaya, lalu bubuhkan di wajah yang sudah bersih sebagai masker selama 5-10 menit.

3. Retin A
Kulit yang normal cenderung peka. Coba gunakan retin A sebagai masker, bukan sebagai pelembap. Bubuhkan krim pelembap retin A di wajah, diamkan selama paling lama 15 menit, kemudian seka sampai bersih. Jauhi daerah bibir, ujung-ujung mulut serta hidung.

4. Atasi jerawat
Ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi jerawat:
- Oleskan sedikit madu pada jerawat (bersihkan kulit sebelumnya). Madu mengandung zat antibakteri sehingga cepat melenyapkan jerawat.
- Untuk jerawat batu yang besar membengkak tanpa "mata", coba campur satu sendok teh ragi, beberapa tetes air lemon serta air. Campur hingga kental kemudian bubuhkan di jerawat agar lebih cepat mengempis.

5. Deodoran sesudah waxing
Jika Anda kerap melakukan perontokan bulu dengan wax di seputar daerah genital (kerap disebut dengan Bikini Waxing), sesudahnya usapkan deodoran di daerah bikini tersebut untuk mencegah timbulnya bintik-bintik merah akibat iritasi.

6. Bedak menyerap minyak
Kulit yang sangat berminyak cepat membuat foundation luntur dan mengubah warnanya jadi lebih gelap di wajah. Coba gunakan lotion penyerap minyak (mattifier) sebelum membubuhkan foundation. Alternatif lainnya adalah menggunakan bedak setipis mungkin sebelum menggunakan foundation, kemudian gunakan bedak kembali setelahnya.

WAJAH
7. Pelembap bibir multifungsi
Lip balm atau pelembap bibir tidak hanya untuk melembapkan bibir kering saja. Gunakan pula untuk merapikan alis. Caranya oleskan sedikit di alis dan sisir alis hingga rapi. Untuk menambah kilap di kelopak mata bak menggunakan rias mata shimmer, cukup oleskan sedikit di kelopak mata dan konsentrasikan di bagian tengah kelopak. Jika ingin agar tulang pipi nampak lebih menonjol, gunakan sedikit di sepanjang tulang pipi dan di bagian puncaknya.
Dan agar layer rambut nampak lebih nyata, usapkan sedikit lip balm di ujung-ujung rambut.

8. Concealer untuk bibir
Concealer (penyamar noda) yang biasa Anda gunakan untuk menyembunyikan lingkaran gelap di bawah mata serta noda-noda kulit bisa digunakan pada bibir agar warna lipstik tidak keluar dari bibir. Gosokkan sedikit concealer pada bibir, kemudian gunakan lipstik. Selain mencegah warna lipstik keluar hal ini juga membantu agar warna bibir lebih rata.

9. Maskara lebih mudah dibubuhkan
Jika Anda kesulitan membubuhkan maskara, coba bengkokkan ujung maskara 45 derajat. Jangan takut ujung maskara tersebut bakal patah karena sifatnya fleksibel. Umumnya ujung maskara akan kembali ke posisi semula ketika Anda masukkan ke dalam tabungnya.

10. Bulu mata lebih lentik
Sebelum dilentikkan dengan penjepit bulu mata, panaskan dulu penjepit tersebut selama beberapa detik dengan hairdryer. Hasilnya bulu mata akan nampak lebih lentik.

11. Bulu mata lebih cantik dan tebal
Sebelum Anda menggunakan maskara bubuhkan dulu eyeshadow warna cokelat gelap pada bulu mata. Lakukan dengan pandangan mata ke bawah sehingga eyeshadow tidak masuk ke dalam mata. Sesudahnya baru ulaskan maskara pada bulu mata. Hasilnya bulu mata tampak lebih tebal dan lebih gelap.

Rambut
12. Penghilang tumpukan kotoran
Jika Anda sering menggunakan produk rias rambut seperto foam, gel, hairspray, wax, maka 1-2 minggu sekali Anda memerlukan keramas dengan shampo yang daya bersihnya sangat tinggi (clarifying shampoo). Shampo seperti ini memang dibuat khusus untuk membersihkan segala tumpukan sisa produk rias rambut yang tidak bisa sepenuhnya dibersihkan oleh sampo biasa.

Jika susah menemukan sampo daya bersih tinggi itu, coba campurkan 2 sendok makan baking soda pada sampo yang biasa Anda gunakan, lalu keramaslah dengan campuran tersebut. Campuran baking soda dan sampo ini dapat juga digunakan untuk membersihkan rambut dari tumpukan kaporit seusai berenang di kolam renang.

13. Menormalkan kulit kepala
Jika kulit kepala Anda sering kering dan mengelupas sehingga berguguran seperti ketombe, coba gunakan campuran sampo yang lembut. Contohnya adalah campuran sampo bayi dengan beberapa butir tablet aspirin yang dihancurkan. Namun, jangan gunakan campuran ini jika Anda alergi terhadap aspirin!

14. Melembapkan rambut
Coba gunakan pelembap kulit seperti hand & body lotion untuk melembapkan rambut rapi tanpa membuatnya lepek. Di malam hari sebelu tidur sisirkan pelembap kulit pada rambut seperti menggunakan masker rambut, lalu di pagi harinya keramas seperti biasa. Rambut akan jadi sangat lembut namun tetap bervolume.

15. Pengharum hairspray cair
Jika Anda sebal dengan bau hairspray cair (non aerososl hairspray) yang bias digunakan, teteskan saja 2-3 tetes minyak esensial seperti peppermint atau orange ke dalam hairspray cair kemudian kocok hingga menyatu. Hasilnya bau tidak enak akan lenyap berganti bau wangi minyak esensial tanpa mengurangi manfaat serta performa hairspray cair.

16. Pengganti wax
Bagi Anda yang bergaya rambut layer, penggunaan wax di ujung-unjung rambut disarankan untuk menegaskan guntingan layer. Alternatifnya, gunakan beberapa tetes pelembap kulit bayi (baby lotion) pada ujung-ujung rambut. Lotion bayi lebih ringan dibanding pelembap kulit biasa sehingga tidak akan membuat rambut jadi lepek.

17. Mencegah pudarnya warna rambut
Untuk mencegah pudarnya warna rambut pada rambut yang baru diwarnai, campurkan tabir surya dengan air mineral. Masukkan dalalm botol penyemprot, lalu semprotkan di rambut sebelum Anda keluar ruangan.

18. Gelombang rambut instan
Ingin rambut terlihat bergelombang dengan cara mudah? Selesai keramas gunakan kondisioner tanpa bilas dan styling foam atau mouse pada rambut, kemudian gulung rambut delam bentuk konde cepol. Biarkan sampai rambut benar-benar kering kemudian lepas sanggul cepol tersebut. Hasilnya rambut bergelombang besar alami.

19. Samarkan highlight yang pudar
Ketika highlight mulai pudar dan akar rambut tumbuh, samarkan warna akar rambut yang baru yang berbeda warnanya dengan warna highlight tersebut. Caranya cukup sederhana, yakni dengan mengganti belahan rambut.
Jika Anda biasa membelah rambut secara lurus di kanan, kiri atau tengah maka untuk menyamarkan perbedaan warna tersebut buat belahan zig-zag. Selain menyamarkan perbedaan warna akar dan highlight, cara ini juga bermanfaat memberi sedikit tambahan volume pada rambut.

20. Lurus rambut tahan lama
Agar blow lurus di rambut tahan lebih lama, selesai di-bloe oleskan sedikit hair serum pada rambut (jangan terlalu banyak agar tidak lepek), kemudian semprot rambut dengan sedikit harspray (sedikit saja agar tidak kaku). Ini untuk mencegah agar kelembapan udara yang membuat rambut mengembang tidak masuk ke dalam kutikula rambut.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive