Konsumsi Makanan Tepat, Rambut Pun Sehat

Selasa, 29 Juni 2010



Sudah lama mengidamkan rambut yang sehat dan ideal? Alias tanpa ketombe, tidak kusam, tidak kering dan tidak lepek juga karena ‘banjir’ minyak? Kondisi rambut yang sehat memang memerlukan pasokan vitamin dan mineral dalam takaran yang cukup.

Rambut kering biasanya disebabkan oleh dehidrasi, sedangkan rambut mati dikarenakan kurang nutrisi. Kerontokan rambut yang juga seringkali menjadi salah satu masalah yang kerap ditemui, biasanya dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat dan stress. Memiliki rambut sehat memang gampang-gampang susah, namun bukan berarti tidak bisa diwujudkan.

Masalah rambut rontok yang menjadi momok kebotakan, bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi suplemen mutivitamin, termasuk vitamin C dan zat besi setiap hari. Meningkatkan kadar protein juga bisa didapat dengan makan daging, dan minyak ikan. Keduanya juga bagus untuk membuat rambut tampak berkilau. Bila pasokannya cukup, cerita kekurangan protein dan zat besi yang menyebabkan rambut rontok tidak akan lagi Anda alami.

Kulit kepala yang kering, biasanya disebabkan karena kurangnya konsumsi asam lemak. Padahal asam lemak adalah lemak polyunsaturated yang penting bagi kelembaban kulit dan sel rambut. Mau tahu sumbernya? Tidak sulit kok, konsumsi saja minyak ikan seperti salmon, mackerel, serta buah segar alpukat dan kacang-kacangan.

Masih berhubungan dengan kulit kepala, bila selama ini Anda sering merasakan gatal dan kulit kepala merah-merah, bisa jadi dikarenakan terlalu berlebihan mengkonsumsi garam dan gula. Untuk mengatasinya, sebaiknya konsumsi asam lemak yang cukup, serta keramas dengan shampoo minyak pohon teh. Rambut yang bercabang juga sering disebabkan oleh kurangnya konsumsi protein dan asam lemak.

Beberapa masalah rambut lain yang juga kerap ditemui, masih juga dikarenakan pasokan vitamin dan mineral yang kurang dosisnya. Misalnya, bila rambut Anda kering terlalu berlebihan, bisa jadi karena kurangnya konsumsi zat besi dan seng. Sedangkan untuk Anda yang perokok, terutama perokok berat, masalah rambut rapuh akan sering ditemui karena aliran darah dari akar ke rambut yang tersumbat kandungan nikotin.

Jadi hati-hati, karena apa yang Anda konsumsi akan tercermin dari rambut Anda

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive