Musuh Abadi Kulit

Selasa, 29 Juni 2010



Seteliti apa pun Anda merawat kulit, jika tidak menghindari "musuh-musuh"-nya, maka sia-sia saja usaha tersebut. Kenali apa saja yang dapat merusak kecantikan kulit!

Segala perawatan telah dijalankan, segala macam produk perawatan serta produk rias telah digunakan, namun kulit masih tidak secantik yang diinginkan. Kemungkinan ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan. Agar kulit dapat tampil seindah yang diidamkan, coba hindari beberapa hal berikut:

1. MATAHARI

Matahari dibutuhkan tubuh untuk pembentukan vitamin E, namun terlalu banyak akan merusak kecantikan, bahkan kesehatan kulit. Membiarkan kulit wajah diterpa langsung sinar matahari adalah cara tercepat untuk menjadikannya tua! Ketika sinar ultraviolet di matahari menerpa permukaan kulit akan langsung terbentuk molekul radikal bebas yang menghancurkan sel-sel kulit sehat.

Radikal bebas ini terutama bisa menghancurkan kolagen dan elastin, dua bagian kulit yang menjaga kekenyalan serta kencangnya kulit. Semakin hancur elastin dan kolagen, semakin cepat kerutan muncul di kulit. Di paparan sinar matahari terik antara jam 09.00-15.00, kerusakan kolagen dan elastin, langsung terjadi tiga menit pertama begitu kulit terkena matahari!

Solusi: Anda mutlak harus mengenakan tabir surya! Tidak cuma di luar ruangan, ketika berada di dalam ruangan dengan banyak jendela, atau jika Anda kerap berada dekat jendela, misalnya ketika di mobil, mengenakan tabir surya merupakan kewajiban. Untuk kegiatan sehari-hari tabir surya SPF 15 seperti Olay Total Effects + cukup memadai untuk Anda kenakan. Namun jika Anda berada di luar ruangan dalam jangka waktu lama gunakan SPF 30 atau lebih seperti L'Oreal UV Perfect. Di malam hari gunakan produk retinol untuk membantu sel kulit memperbarui diri.

Agar tabir surya efektif melindungi kulit:

  • Pilih yang bertuliskan 'Broad Spectrum'. Artinya melindungi kulit dari sinar UV A (penyebab penuaan kulit) serta UVB (penyebab menggelapnya kulit).
  • Gunakan dalam takaran cukup atau jangan terlalu sedikit. Yang ideal adalah sebanyak satu sendok teh penuh untuk wajah serta segelas kecil untuk seluruh badan.
  • Gunakan 15 menit sebelum keluar ruangan agar tabir surya diserap kulit dengan sempurna, dan ulangi penggunaannya tiap 90 menit.

2. MEROKOK

Rokok merupakan musuh nomor dua terkuat bagi kulit. Nikotinnya mempersempit jaringan darah di wajah sehingga kulit terlihat tidak sehat. Kandungan acetaldehyde pada rokok akan menyerang serat penghubung selsel kulit, sehingga terjadilah reaksi kimia yang menghancurkan elastin dan kolagen. Yang lebih parah lagi ketika merokok orang akan sering mengerucutkan bibir, dan ini bisa menimbulkan kerutan di seputar bibir. Kerutan di daerah mata juga cepat timbul karena iritasi terhadap asap C02. Ingat, kulit daerah mata merupakan kulit yang paling tipis di wajah.

Solusi: Tidak ada jalan lain selain berhenti total merokok. Memang sangat sulit, namun penelitian menunjukkan bahwa berhenti merokok sebelum usia 30 tahun, maka dalam jangka waktu 10 tahun kondisi tubuh akan kembali sama seperti kondisi orang yang tidak merokok. Penelitian ini juga mengatakan jika seseorang berusaha berhenti merokok namun tiba-tiba timbul keinginan untuk merokok, disarankan mencium ban minyak lada hitam (black pepper oil) untuk menghentikan keinginan tersebut. Jangan lupa pula sebanyak mungkin mengonsumsi buah dan sayur segar untuk menetralisir nikotin dalam tubuh. Gunakan produk yang mengandung vitamin E seperti The Body Shop Vitamin E Moisture Cream, untuk menetralisir pengaruh buruk rokok.

3. ALKOHOL

Jika rokok menyempitkan pembuluh darah, alkohol justru melebarkannya. Hal ini kerap mengakibatkan pecahnya pembuluh darah dan warna kulit yang tidak segar. Seperti halnya rokok, alkohol juga mengandung acetaldehyde yang merusak kekenyalan dan elastisitas kulit. Alkohol akan membuat kulit sangat kering dan menjadikan garis halus makin nyata. Terakhir, alkohol akan menghancurkan vitamin C yang penting peranannya untuk kesehatan kulit.

Solusi: Efek buruk alkohol terjadi sesudah Anda minum sebanyak dua gelas, karenanya jangan minum lebih dari itu dalam sehari. Jika terpaksa maka minum tiga gelas air putih sesudah Anda meminum segelas alkohol. Gunakan produk perawatan yang mengandung vitamin C seperti Revlon Absolute C Radiance Moisture Creme dan Total Radiance Essence serta produk yang mengandung vitamin E seperti The Body Shop Vitamin E Moisture Cream.

4.KURANG TIDUR

Malam hari adalah saat di mana selsel kulit memperbaiki diri dengan membangun sel barn dan kolagen yang rusak akibat sinar matahari dan polusi. Di malam hari kulit juga lebih baik penyerapannya (25% lebih baik dibanding siang hari) sehingga lebih efektif menyerap produk perawatan. Jika Anda kurang tidur, kesempatan bagi sel kulit untuk memperbaharui dirinya akan menjadi sangat berkurang.

Solusi: Tidak setiap orang butuh tidur delapan jam sehari. Yang penting, Anda harus merasa segar ketika bangun. Cobalah aromaterapi lavender atau suplemen yang mengandung valerian untuk memudahkan tidur.

5. KURANG OLAHRAGA

Apa hubungan olahraga dengan kecantikan kulit? Sangat erat! Olahraga mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mengurangi toksin (racun) yang ditimbun di bawah kulit (dengan keluarnya keringat ) sehingga terlihat lebih segar dan lebih sehat. Olahraga pun membuat tubuh lebih kuat menghadapi serangan stres dan membuat lebih mudah tidur.

Solusi: Pilih olahraga yang sifatnya memacu detak jantung (cardio) seperti aerobik, jogging, renang, bersepeda, atau cobalah tari salsa dan hiphop. Dua-tiga kali seminggu sudah cukup memadai. Anda tidak perlu memaksakan diri melakukannya tiap hari.

Apa lagi yang kerap tidak disadari sebagai musuh kulit?
Stres : Ketika stres, hormon testosterone akan meningkat cepat. Akibatnya timbullah jerawat (banyak wanita dewasa yang berjerawat ketika stres karena meningkatnya hormon ini). Hormon stres juga menyebabkan aliran darah dibelokkan dari permukaan kulit ke bagian kaki dan tangan serta organ-organ vital sehingga membuat kulit terlihat pucat dan kusam. Terakhir, stres akan mengurangi kemampuan penyerapan kulit hingga produk perawatan yang digunakan tidak terserap sempurna.

Polusi : Polusi mengandung bahan-bahan kimia yang membentuk radikal bebas di kulit, yang akan menghancurkan kolagen dan elastin.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive