Tetap Cantik Seusai Liburan

Selasa, 29 Juni 2010



Jangan mengabaikan perawatan kulit dan rambut selama Anda berlibur, Ikuti langkah-langkahnya agar ketika liburan usai Anda bebas dari segala keluhan tentang kecantikan.

Liburan memang menyenangkan, tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikan perawatan kulit dan rambut. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan selama berlibur agar Anda tetap cantik sesudahnya.

MENANGANI KULIT BERMINYAK

Cuaca yang panas serta tingkat kelembapan yang tinggi membuat kelenjar minyak di kulit bekerja aktif. Tidak heran banyak yang berjerawat seusai berlibur.

Salah:
Langsung mencuci wajah ketika terasa berminyak.

Benar:
Terlalu sering mencuci wajah karena justru membuat kelenjar minyak makin giat bekerja. Cuci wajah dua kali sehari saja, pagi dan malam. Sehari-hari ketika wajah terasa berminyak gunakan tisu penyerap minyak.

Salah:
Menggunakan pelembap krim yang berat.

Benar:
Ganti pelembap krim dengan pelembap ringan yang bebas minyak. Pilih juga pelembap bebas minyak yang mengandung bahan penyerap minyak seperti Pond's Perfect Care Oil Control Lightening Moisturizer.

Salah:
Menggunakan tabir surya yang kental. Biasanya di saat cuaca panas tabir surya bentuk lotion terasa berat dan berminyak.

Benar:
Pilih tabir surya yang sangat ringan dalam bentuk gel atau semprot seperti Nivea Sun Spray.

PERLINDUNGAN RAMBUT

Panas matahari yang menyengat, garam pada air laut, atau kandungan kaporit di air kolam renang, semuanya bisa merusak kesehatan rambut. Agar rambut tetap indah seusai berlibur perhatikan hal berikut.

Musuh:
Garam laut menyerap minyak dan kelembapan di rambut ketika kering sehingga menjadi kasar dan kusam.

Senjata ampuh:
Sebelum Anda berenang di laut, gunakan minyak pelembap rambut seperti Leonor Greyl Huile De Palme. Kadar minyaknya akan membentengi rambut dari garam laut. Jika susah mendapatkan minyak rambut tersebut gunakan masker rambut seperti Kerastase Masquintense, sebelum berenang di laut.

Musuh:
Kaporit di kolam renang membuat rambut kering dan berwarna kusam.

Senjata ampuh:
Sebelum berenang di kolam renang basahi rambut seluruhnya dengan air biasa, kemudian sisirkan masker rambut yang mengandung bahan pelindung warna seperti L'Oreal Vitamino Color. Tapi akan lebih baik lagi jika Anda mengenakan topi renang. Seusai renang langsung bilas rambut dengan air biasa dan cuci dengan sampo rambut diwarnai seperti Sunsilk Nutrient Color Lock.

Musuh:
Sinar matahari yang terik membuat warna rambut pudar.

Senjata ampuh:
Gunakan topi lebar setiap kali Anda berada di udara terbuka. Alternatif lain adalah menggunakan campuran styling gel ditambah sedikit serum atau kondisoner tanpa bilas seperti Sunsilk Leave On Moisturizer Damage Treatment yang dicampur dengan dengan krim atau lotion tabir surya. Sisirkan campuran ketiga bahan ini di rambut. Anda juga bisa menyemprotkan tabir surya semprot secara berkala pada rambut untuk melindunginya dari sinar matahari.

PENANGANAN KULIT KETIKA TERBAKAR MATAHARI

Kulit yang terbakar matahari (sunburn) selain terlihat buruk juga terasa perih, panas menyengat, dan berpotensi menyebabkan kanker kulit. gar ketika usai berlibur kulit tetap terlihat cantik dan sehat, atasi sunburn dengan segera.

Minum aspirin sesegera mungkin. Aspirin mampu menghentikan peradangan sehingga Anda tidak tersiksa panas menyengat dan pembengkakan pun dapat dicegah. Namun hindari jika Anda alergi aspirin. Juga, sesegera mungkin minumlah vitamin C dan E untuk menghentikan peradangan dan membentuk sel kulit baru yang sehat.

Kompres dingin. Meredakan sakit serta mengurangi bengkak. Coba kompres kulit dengan susu (full milk bukan skim), atau yogurt dingin (yogurt tawar full milk, bukan yang memiliki rasa dan bukan yogurt skim) selama 20 menit, dan sesudahnya bash dengan air bersih. Coba juga dengan mengompres kulit dengan susu dingin yang dicampur dengan parutan mentimun.

Gunakan lidah buaya. Sesudah mengompres kulit, mandi dan gunakan sabun antiseptik. Oleskan lendir lidah buaya (aloe vera) pada kulit yang terbakar. Coba gunakan gel pelembap kulit dengan kandungan lidah buaya serta lidocaine (bahan pereda sakit). Contohnya adalah Banana Boat Soothing After SunGel With Pure Aloe Vera yang sangat baik bagi kulit terbakar matahari. Hindari menggunakan pelembap dengan kandungan AHA, asam glikolat (glycolic acid) ataupun retinol pada bagian yang terbakar untuk menghindari iritasi.

PEDIKUR TETAP CANTIK
Pedikur (pewarnaan kuku kaki) kerap rusak selama berlibur, karena harus berhadapan dengan benda kasar seperti pasir di pantai, batu dan debu di jalanan. Jangan biarkan tampilan kuku kaki berantakan seusai liburan!

Oleskan tipis-tipis. Cat kuku yang dioleskan sekali oles dengan tebal akan mudah terkelupas. Coba oleskan cat kuku tipis-tipis sebanyak dua lapis. Tunggu 2-3 menit sebelum mengoleskan lapisan kedua agar cat kuku dapat menempel sempurna.

Gunakan pelapis. Sesudah diwarnai gunakan pelapis (top coat) bening untuk melindungi cat kuku. Jauhkan dari pelembap. Ketika Anda mengoleskan pelembap atau tabir surya pada kaki jauhkan dari cat kuku kaki agar warnanya tidak cepat luntur.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive