5 Alasan Perlu Ke Dokter Kulit

Selasa, 29 Juni 2010


Tidak ada salahnya merawat kulit dengan produk yang dijual bebas di pasaran. Meski begitu, pada saat-saat tertentu Anda juga harus pergi ke dokter kulit. Masalah apa saja yang perlu penanganan dokter kulit?

Saat ini merawat kulit memang relatif mudah karena begitu banyak produk yang tersedia di pasaran. Namun pada saat tertentu Anda "terpaksa" wajib mengunjungi dokter kulit. Hal apa saja yang sebaiknya ditangani langsung oleh dokter kulit?

1. INGIN MENGHILANGKAN JERAWAT BATU DENGAN CEPAT

Hal ini berlaku untuk jerawat batu (cystic acne) yaitu jerawat yang keras seperti benjolan, berwarna merah, dan tanpa "mata" hitam atau putih. Jerawat macam ini memang sangat bandel dan biasanya lama sembuhnya, sekitar 3- 4 minggu. Jika ingin jerawat batu hilang secepatnya jalan yang paling tepat adalah mengunjungi dokter kulit. la akan menyuntikkan cortisone, yakni jenis steroid yang akan langsung mengempiskan jerawat batu dan menghilangkan warna merahnya.

Kira-kira sejam sesudah jerawat batu disuntik cortisone maka ia akan kempis dan warna merahnya memudar (normalnya hal ini memakan waktu tiga minggu), dan beberapa jam kemudian jerawat batu tersebut akan lenyap. Biasanya jerawat batu selain lama sembuhnya juga akan meninggalkan bekas atau noda hitam di wajah. Dengan penyuntikan selain membuatnya cepat kempis efek samping seperti bekas atau noda pun bisa dihindari.

Tips: Jika Anda kerap menderita jerawat batu (lebih dari sekali dalam sebulan), sebaiknya Anda melakukan perawatan dengan pengobatan oral (diminum) seperti antibiotik, atau juga perawatan dengan obat topikal (dioleskan di kulit wajah) yang diresepkan oleh dokter kulit.

2. INGIN MEMPERLAMBAT TAMPILAN KERUT DI WAJAH

Banyak produk di pasaran yang mengklaim mampu menghambat penuaan dan menghaluskan tampilan kerutan di wajah. Karena membanjirnya produk-produk tersebut, tidak heran banyak konsumen yang merasa bingung. Karena itulah tidak ada salahnya mendatangi dokter kulit untuk meminta penjelasan agar Anda mendapatkan produk yang sesuai. Namun, patut diingat, sebagus apa pun produk di pasaran kadarnya tidak akan pernah sekuat produk yang diresepkan oleh dokter. Jika Anda ingin produk penghambat penuaan (misalnya retinol) dengan kadar yang tinggi, maka disinilah peranan dari dokter kulit.

Juga, untuk Anda yang ingin menghaluskan kerutan dengan cepat, dokter kulit memiliki sejumlah "senjata" canggih yakni obat-obatan yang disuntikkan dengan hasil yang terlihat seketika seperti botox maupun "filler" atau pengisi garis-garis kerutan yang dalam seperti Restylane dan Hylaform.

Tips: Untuk hasil optimal barengi perawatan dari dokter kulit dengan menggunakan tabir surya tiap hari, serta minum vitamin atau suplemen antioksidan.

3. INGIN MENGHILANGKAN BULU ATAU RAMBUT HALUS SECARA PERMANEN

Anda bosan harus selalu melakukan waxing atau mencukur bulu kaki, ketiak maupun rambut halus di wajah? Dokter kulit mampu menghilangkannya dengan cepat menggunakan teknologi sinar laser. Jika dilakukan secara rutin rambut atau bulu-bulu yang dirasa mengganggu tersebut dapat hilang secara permanen.

Tips: Biasanya melakukan penghilangan bulu dengan laser dilakukan beberapa kali, setidaknya tiga sampai enam kali agar dapat hilang secara permanen.

4. KULIT TIBA-TIBA BERUBAH (MISALNYA, DARI KERING JADI BERMINYAK ATAU SEBALIKNYA)

Kulit bisa berubah secara tiba-tiba. Contohnya, kulit kering tiba-tiba berjerawat, kulit berminyak mendadak kering dan mengelupas, kulit normal berubah jadi peka dan lain sebagainya. Banyak wanita yang mulai mengalami perubahan pada kulitnya di pertengahan usia 20-an sampai 30-an. Di sinilah pentingnya peranan dokter kulit yang mampu menganalisa penyebabnya. Misalnya, apakah perubahan ini disebabkan faktor hormonal-seperti kehamilan-karena konsumsi obat (obat kontrasepsi) maupun akibat produk perawatan yang digunakan. Selain menganalisa, dokter kulit juga mampu memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Tips: Ketika berkonsultasi, beritahu (atau lebih baik bawa) segala obat-obatan serta produk yang biasa Anda gunakan agar dokter kulit dapat menyarankan mana yang bisa terns digunakan, serta mana yang harus dihentikan.

5. RAMBUT TERUS MENIPIS

Banyak penyebab rambut menipis, baik karena faktor genetis, akibat stres, terlalu sering dikuncir dengan kencang, melahirkan dan lain sebagainya. Untuk menentukannya dokter kulit akan melakukan tes, seperti tes darah hormon dan thyroid. Jika hasilnya normal biasanya dokter kulit akan meresepkan obat oles yang mengandung progesterone untuk menghentikan proses kerontokan.

Tips: Saat ini sudah dapat dilakukan pencangkokan atau penanaman rambut yang diambil dari rambut pasien sendiri. Namun sebelum melakukan proses ini Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti rambut yang akan ditanamkan harus cukup sehat.

BEBERAPA ALASAN LAINNYA
1. Jika tahi lalat membesar.
Ini adalah salah satu indikasi kanker kulit, dan sangat penting untuk dibuang ketika masih dalam tahap dini
2. Ingin menghilangkan urat-urat yang membesar (varises).
Urat-urat yang terlihat nyata dan memperbesar di kaki sangat mengganggu penampilan. Kini ada teknik sclerotherapy, yaitu menyuntikkan cairan obat untuk melenyapkannya. Jika ini terjadi di wajah, biasanya dapat dihilangkan dengan laser.
3. Ingin menghilangkan noda-noda penuaan.
Ketika usia bertambah, wajar jika timbul noda-noda gelap yang biasanya disebut age spot. Untuk menghilangkannya secara efektif kunjungilah dokter kulit.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive