8 Pemicu Utama Timbulnya Jerawat

Selasa, 29 Juni 2010



Jerawat tak hanya dimonopoli para remaja. Wanita dewasa pun berpotensi terkena jerawat. Kenali pemicunya, lalu cegah kemunculannya.

Anda sudah melewati masa puber namun jerawat kerap bermunculan di wajah? Tak usah kaget, jerawat memang bukan hanya milik kaum remaja. Sampai usia matang pun jerawat yang mengganggu tampilan wajah masih bisa muncul. Ada beberapa hal yang membedakan jerawat remaja dengan jerawat dewasa. Salah satunya adalah akibat pola makan yang buruk atau gaya hidup yang penuh stres. Anda dapat menghindari pemicu jerawat dengan memperhatikan tips berikut.

SEBERAPA RUTIN ANDA BAB?
Sekitar 70% sistem kekebalan Anda berada di usus. Jika area ini terhalangi oleh pembuangan, ketahanan tubuh akan menurun. Jadi, ketika pembuangan tidak keluar melalui anus maka akan memilih keluar melalui kulit. Pembuangan yang keluar melalui kulit akan menyebabkan infeksi yang muncul sebagai jerawat.

APAKAH ANDA STRES?
Tekanan dan ketegangan juga mengurangi kekuatan sistem kekebalan. Tank napas dalam-dalam beberapa kali sepanjang hari untuk menenangkan tubuh Anda. Cobalah berjalan santai di alam terbuka untuk merilekskan pikiran.

SUDAHKAH TERPENUHI KEBUTUHAN NUTRISI ANDA?
Pada banyak kasus jerawat, kondisi kulit bisa diperbaiki dengan mengonsumsi makanan yang mengandung besi, asam lemak esensial, vitamin A, dan beberapa macam nutrisi lain. Nutrisi vital ini tersedia pada sayuran hijau buah-buahan, dan minyak zaitun.

APAKAH ANDA TERUS MEMIKIRKAN MASALAH PRIBADI YANG BELUM DISELESAIKAN?
Menunda penyelesaian masalah pribadi akan menciptakan konflik dan ketegangan di dalam tubuh. Masalah ini harus segera diselesaikan untuk menghindari stres yang bisa memengaruhi kondisi tubuh.

APAKAH ANDA BEROLAHRAGA SETIAP HARI?
Olahraga dapat mengurangi stres dan memberi Anda kesempatan mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang Anda hadapi. Aktivitas fisik juga menjaga otot dan usus kencang sehingga mendorong rutinitas buang air besar (BAB).

SEBERAPA RUTIN ANDA MENGGANTI SARUNG BANTAL?
Menggunakan sarung bantal kotor bisa memperburuk kondisi jerawat. Ketahui, wajah Anda secara alami mengeluarkan minyak yang bersifat lengket pada malam hari. Jadi, bila sarung bantal kotor, berarti Anda membiarkan wajah mengumpulkan ekstra kotoran sepanjang malam yang dapat menyumbat pori-pori.

APAKAH ANDA BARU SAJA PINDAH PEKERJAAN?
Tuntutan baru atau perasaan kehilangan kadang menyertai suatu perubahan. Salurkan emosi ini menjadi sesuatu yang konstruktif. Anda bisa menuangkannya dalam tulisan, misalnya. Atau lihatlah perubahan ini sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi Anda. Temukan kenyamanan dalam perubahan. Mulailah kesempatan ini untuk memulai hal baru.

APAKAH ANDA MENGALAMI PERTUMBUHAN RAMBUT WAJAH BERLEBIHAN DAN MENSTRUASI TIDAK TERATUR?
Munculnya jerawat, rambut wajah berlebihan, dan menstruasi yang tidak teratur dapat menunjukkan kelainan androgen atau ketidakseimbangan hormon lainnya. Dokter dapat mengaturnya dengan rangkaian tes endokrin untuk memastikan tingkatan hormon Anda, serta langkah baik apa yang harus diambil.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive