2 Jurus Wajah Kinclong

Sabtu, 24 Juli 2010





Bila selama ini kita mengenal dua perawatan kecantikan yang menggunakan teknik akupunktur dan totok aura, kini ada perawatan baru yang mengombinasikan dua teknik tersebut.

Akupunktur atau tusuk jarum adalah salah satu teknik pengobatan holistik yang sudah dikenal sejak 2 abad sebelum Masehi dari Cina. Teknik tradisional ini bekerja dengan jarum-jarum akupunktur yang ditusukkan di titik meridian yang tersebar di seluruh tubuh.

“Titik meridian, yaitu sekitar 3.660 titik utama ditambah 56 titik istimewa, adalah jalur lalu lintas energi yang mengalir di tubuh yang saling terkait dan mempunyai fungsi masing-masing. Karena dalam kacamata pengobatan holistik, aliran energilah yang dipercaya memengaruhi baik tidaknya kondisi tubuh seseorang,” ujar Dr. Tjahyo, spesialis akupunktur estetika dan medis. Titik-titik ini tidaklah nyata. Oleh sebab itu, hanya orang-orang yang ahli atau yang memiliki bakat akupunktur yang mampu merasakan pertemuan simpul-simpul energi ini.

Berbeda dengan totok aura yang dapat dilakukan siapa saja. “Meskipun totok aura juga menggunakan teori meridian, namun karena hanya dirangsang lewat tekanan jari, menjadi tidak seefektif akupunktur,” terang Dr. Indrawati Setyono, yang juga spesialis akupunktur.

Dalam perawatan fusion ini, akupunktur berfungsi sebagai terapi utama yang bekerja efektif untuk membuat wajah lebih segar, bersinar, mulus, dan tirus jika dilakukan berkala. Sementara terapi totok aura lebih kepada sensasi relaksasi yang dirasakan sebagai hasil akhir.

INI CARANYA!
1 Penekanan (totok) dilakukan pada beberapa titik wajah, seperti pelipis dan dagu, ujung bibir dan garis senyum, di bawah tulang pipi dan di pelipis. Memang, inti dari penotokan adalah memperlancar sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh, sehingga secara otomatis dapat membantu kulit wajah terasa lebih segar, juga menghilangkan stres dan pena di bagian wajah. Proses ini berlangsung selama 10-15 menit. Kadang-kadang penotokan dilanjutkan dengan memijat area leher dan bahu untuk memaksimalkan relaksasi (optional).

2 Memasuki tahap akupunktur, dokter akan mencermati titik-titik meridian di wajah Anda. Sebelum jarum satu per satu ditusukkan, daerah yang akan ditusuk diseka kapas beralkohol. Titik-titik yang ditusuk tergantung dari kebutuhan pasien berdasarkan hasil diagnosis awal. Namun, biasanya jarum yang digunakan lebih dari 10 buah. Tingkat tekanan jarum disesuaikan dengan cara memutar-mutar jarum. Pada tahap ini waktunya sekitar 10-20 menit, tergantung keluhan pasien. Usahakan tubuh Anda dan semua otot dalam keadaan relaks. Pejamkan mata atau tidur, itu lebih baik.


WAJIB TAHU

  • Tak semua orang merasa nyaman dengan jarum. Bila Anda termasuk diantaranya, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.
  • Akupunktur juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mumpung sedang diterapi, tak ada salahnya Anda melanjutkan dengan akupunktur tubuh. Agar peredaran darah selalu lancar sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit.
  • Semua jarum akupunktur yang digunakan harus sekali pakai. Bila Anda meragukannya, lebih baik ditanyakan langsung kepada dokter yang menangani Anda.
  • Untuk mendapatkan rasa relaks secara total di wajah, kulit wajah bisa dimasker. Bila klinik tidak menyediakan perawatan ini, lakukan di rumah setelahnya dengan mengompres area mata dan pipi dengan mentimun, atau masker tisu instan sekali pakai.
Penulis: Kartini Broto Suharjo

[Dari femina 2 / 2010]

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive