Kunyit Kunci Kulit Kinclong

Sabtu, 24 Juli 2010






Selain mengobati gangguan pencernaan, luka bakar, hepatitis dan suplemen penambah nafsu makan, kunyit juga berkhasiat untuk kecantikan. Dan ternyata hal ini telah ditemukan oleh nenek moyang kita dahulu. Mereka meramu kunyit sebagai campuran jamu untuk diminum, yang bermanfaat agar kulit wajah jadi mulus dan kinclong.

Kunyit (Curcuma Longa) mengandung zat anti oksidan yang tinggi dan zat aktif anti peradangan, dan anti bakteri yang dapat membunuh kuman di kulit. Zat anti radang ini berkhasiat untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti jerawat, iritasi dan gatal-gatal. Selain itu juga, ternyata kunyit juga berkhasiat mencerahkan rona kulit.

Tapi karena kunyit punya sifat melunturkan warna kuning ke kulit, perawatan yang diterapkan ke kulit perlu proses lebih modern. Kini, ada perawatan baru yaitu facial turmeric (kunyit). Menurut dr. Regine dari CBC Beauty Care, keunggulan perawatan ini adalah menghilangkan peradangan, kemerahan dan iritasi pada kulit.
Anggapan bahwa wajah berjerawat tidak boleh difacial agak bergeser dalam kasus ini. Facial ini aman di kulit berjerawat karena kandungan kunyit berkhasiat untuk mengeringkan dan mengurangi sebum (minyak). Selain itu, aman dilakukan baik pada wajah dengan jerawat yang baru muncul, atau jerawat yang masih memerah.

Facial Turmeric

Durasi: 60 Menit
Biaya: Rp. 295.000
1. Pertama, kulit dibersihkan dengan krim pembersih dan setelah itu dioles green tea exfoliating gel untuk mengangkat sel kulit mati.

2. Wajah di-vacuum dengan menggunakan mesin uap, dilanjutkan dengan ekstraksi manual untuk mengangkat komedo. Hanya komedo tertutup (white comedo) dan terbuka (black head) saja yang boleh diekstrasi. Jerawat yang sedang meradang tidak boleh diekstrasi.

3. Kulit kemudian diusapkan alat bersinar high frequency untuk mengurangi kemerahan akibat ekstrasi komedo.

4. Di bagian wajah yang merah atau membengkak, dioles instant super gel yang memberi rasa sejuk dan nyaman (soothing gel) dilanjutkan dengan penggunaan serum untuk memberi rasa nyaman dan menutrisi kulit sensitif.

5. Sebagian wajah dipijat untuk melancarkan peredaran darah hingga wajah pun relaks. Kemudian wajah dioleskan masker turmeric dan didiamkan sekitar 15-20 menit. Kunyit yang digunakan telah melalui proses khusus dengan campuran aneka bahan anti inflamasi dan diproses menjadi berbentuk bubuk.

Pemrosesan kunyitnya sendiri telah sudah melewati 5 kali proses penyaringan dengan campuran bahan alami. Hal ini membuat masker kunyit ini tidak meninggalkan warna kuning di kulit.

Bedanya dengan masker jerawat lainnya, masker ini tidak menambahkan benzoyl peroxide yang biasa ditemukan di masker jerawat. Zat ini dikenal bersifat antiseptik tapi dapat mengeringkan kulit yang berjerawat meradang dengan sangat cepat. Akan tetapi, efek sampingnya adalah dapat merangsang iritasi makin parah, oleh sebab itu ditidiakan dan hanya menggunakan bahan alami lainnya saja.

Usai mengering, masker akan berubah bentuk menjadi seperti topeng karet. Pengangkatannya pun sangat mudah, Hanya perlu dikelupas saja.

Penulis: Khairiyyah Sari

[Dari femina 8 / 2010]

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive