Dari India untuk Kecantikan Anda

Sabtu, 24 Juli 2010





Wanita India memiliki kecantikan alami: alis tebal, mata indah, dan rambut yang legam serta mengilat. Kecantikan ini menjadi lebih terlihat karena mereka menerapkan prinsip ayurveda, yang membuat keseimbangan energi dan harmonisasi dengan kehidupan. Pijat, yoga, dan meditasi merupakan beberapa bagian ritual rutin ayurveda.

Perawatan rambut, wajah, dan tubuh pun berprinsip ayurveda. Bahan-bahan herba dan rempah India yang digunakan mem–berikan nutrisi pada tubuh, merevitalisasikan sistem saraf, dan memvitalisasikan sistem tubuh secara keseluruhan.

PERAWATAN TUBUH UDWARTANAM

Yang unik dari perawatan ini adalah karena dilakukan oleh 2 orang dan hanya menggunakan bahan yang terbuat dari bubuk, tidak menggunakan minyak sama sekali yang umumnya digunakan pada perawatan-perawatan tubuh lainnya.

Langkah pertama adalah menggosok tubuh dengan sikat halus untuk membantu melancarkan peredaran darah dan membuka pori-pori kulit. Kemudian dilakukan proses scrubbing dengan scrub kopi dan tubuh dipijat untuk membantu menghilangkan lemak di bawah kulit dengan menggunakan bubuk herba. Terakhir tubuh diuapi di dalam steamer, di mana di dalamnya terdapat ramuan herba. Kulit akan menjadi cerah dan halus. Perawatan ini diyakini sangat baik untuk mengencangkan dan memperbaiki kualitas kulit, serta menghilangkan selulit.

PERAWATAN RAMBUT - HENNA

Henna yang dicampur dengan teh atau kopi digunakan untuk mewarnai rambut. Tetapi, henna sendiri berguna untuk perawatan rambut karena tidak mengandung zat kimia yang bisa merusak rambut. Henna transparan digunakan untuk merawat rambut agar rambut menjadi kuat, kulit kepala sehat, dan melindungi rambut terhadap pengaruh eksternal, seperti sinar ultraviolet.

Untuk rambut berminyak, henna dicampur dengan yoghurt. Sementara, untuk rambut kering, henna dicampur dengan minyak herba. Setiap campuran, baik untuk perawatan atau pewarnaan, biasanya ditambahkan telur ayam yang berguna melembapkan dan melembutkan rambut. Usai dioleskan di rambut, henna didamkan selama kira-kira 2 jam, lalu dibilas dengan air. Perawatan dengan henna menimbulkan sensasi dingin sehingga kulit kepala terasa lebih ringan. Selain itu, pemakaian henna juga akan memperlambat munculnya uban di rambut Anda.

PERAWATAN WAJAH DENGAN FACIAL AYURVEDA

Facial ini bukan sekadar memperbaiki kulit menjadi lebih sehat, halus, dan cerah. Stres pun dapat hilang setelah melakukan facial ini. Seperti umumnya facial, kulit wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih wajah dari bahan alami yang disesuaikan jenis kulit. Setelah wajah diuapi untuk membuka pori-pori dan memberikan oksigen pada kulit wajah sehingga memperbarui kulit, wajah siap untuk diberi air mawar. Air mawar yang sesuai dengan segala jenis kulit ini akan menambah kadar air, mendinginkan, dan mengurangi peradangan pada kulit. Kemudian wajah dipijat dengan pijat tradisional India, yang menitikberatkan pada titik marma (titik-titik vital di tubuh).

Terakhir, wajah diberi masker yang mengandung ekstrak tumbuhan alami dari India yang membuat kulit sehat, mengecilkan pori-pori, dan menghaluskan kulit. Masker ini juga melindungi kulit terhadap pengaruh sinar matahari dan polusi.

Setelah facial, bisa juga dilanjutkan dengan threading. Ini merupakan cara kuno menghilangkan bulu-bulu di wajah (biasanya alis dan kumis) dengan bantuan benang. Hasilnya lebih tahan lama dan terlihat rapi.

[Dari femina 39 / 2006]

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Translate

Blog Archive